Iklan

Administrator
26 Juli 2019, 21.40 WIB
Last Updated 2020-11-04T05:41:15Z
NewsPolitik

Siapa Penuhi Kriteria Calon Menteri Jokowi?

Baca Juga


Jakarta - Jokowi melempar kriteria calon menteri yang diinginkannya. Berani hingga berintegritas menjadi beberapa syaratnya.

Kriteria yang dilempar itu memang bukan hal baru. Jokowi kerap mengungkapkan keinginannya untuk memiliki menteri yang berani hingga berintegritas. Kali ini kriteria itu kembali dilemparkan Jokowi usai membubarkan TKN di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (26/7/2019).

"Eksekutor kuat, tahu manajemen, artinya manajerialnya baik, memiliki keberanian dan lain-lain, masalah integritas dan lain-lain," ujar Jokowi usai pertemuan dengan parpol koalisi di Restoran Seribu Rasa, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (26/7/2019).

Namun, sayangnya Jokowi mengaku belum memutuskan siapa sosok yang dipinang untuk membantunya lima tahun ke depan. Alasannya, banyak parpol koalisinya yang belum menyetorkan CV kadernya. 

"Ya sudah diminta tapi banyak yang belum ngasih," kata Jokowi berbicara soal CV kader yang didorong parpol koalisi untuk menjadi calon menteri. 

Kriteria calon menteri itu juga pernah disampaikan Jokowi beberapa pekan sebelumnya. Tepatnya kala Jokowi menyampaikan pidato Visi Indonesia di SICC, Bogor, Jawa Barat, minggu (14/7). Saat itu, Jokowi secara tegas menginginkan menteri yang berani.

"Oleh sebab itu butuh menteri-menteri yang berani. Kalau ada lembaga-lembaga yang tidak bermanfaat dan bermasalah, sekali lagi, kalau ada lembaga-lembaga yang tidak bermanfaat dan bermasalah, saya pastikan saya bubarkan!" kata Jokowi saat itu.

Tak hanya berani, Jokowi juga ingin calon menterinya tak memelihara pola pikir lama. Dia ingin calon menterinya mengusung perubahan.

"Tidak ada lagi pola pikir-pola pikir lama. Kita juga tidak ingin ada lagi pola-pola kerja yang linear, tidak ada lagi kerja-kerja yang hanya rutinitas, tidak ada lagi kerja-kerja yang monoton yang begitu-begitu saja!" tegas Jokowi.

"Tidak ada lagi kerja di zona yang nyaman, penyakit kita ada di situ. Kita harus berubah, kita harus berubah, sekali lagi kita harus berubah," imbuh dia.

Persoalan siapa sosok calon menteri Jokowi di periode kedua ini memang menjadi isu yang terus digulirkan. Bahkan kabinet palsu pun kerap beredar. 

Nama-nama politikus, akademisi hingga menteri saat ini mewarnai kabinet palsu itu. Namun, siapa sosok yang dipilihnya masih menjadi misteri. 

Lantas, siapa sosok yang memenuhi kriteria Jokowi itu?