Iklan

Administrator
29 Maret 2020, 19.10 WIB
Last Updated 2020-11-04T05:40:44Z
covid-19HeadlineHeadlineshealthKesehatanRokan Hulu

Update Covid-19: 1 PDP di Rohul Mulai Membaik, ODP Sudah Tembus 1.044 Orang

Baca Juga


PASIR PENGARAIAN - Jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Kabupaten Rokan Hulu terus menunjukan peningkatan. Berdasarkan informasi dari Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Rokan Hulu hingga Ahad (29/3//2020) sudah tercatat ada 1.044 orang berstatus Orang Dalam pengawasan.

"Jumlah tersebut meningkat 183 orang dari sebelumnya yang berjumlah 861 orang berstatus ODP," cakap Jubir Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Rokan Hulu Yusmar.

Sedangkan angka Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Rokan Hulu juga mengalami peningkatan menjadi empat orang yang saat ini masih menunggu hasil pemeriksaan intensif selama 14 hari.

Diterangkan Yusmar, dari 4 PDP, PDP 01 asal Kecamatan Kunto Darusalam kondisinya sudah membaik dimana dari Tim Dokter RSUD sudah mengambil sampel swab tenggorokan dan saat ini menunggu hasil dari laboratorium di Jakarta.

”PDP 01 diketahui riwayatnya pernah kontak dengan keluarganya dari Medan, kondisinya saat ini sudah membaik namun masih di rawat di ruang Isolasi RSUD Rohul karena masih menunggu hasil pemeriksaan swab,” terangnya.

Sementara untuk PDP 02 yang berasal dari Kecamatan Rambah, diketahui memiliki riwayat perjalanan baru kembali dari Surabaya. Kondisi kesehatan masih belum ada perubahan dimana pasien masih mengalami batuk-batuk, trombosit rendah dan demam dan sudah dilakukan pengambilan sampel pemeriksaan swab tenggorokan.

“Untuk PDP 02, saat ini Kondisinya masih belum ada perubahan karena mengalami Komorbit (ada penyakit penyerta) dan terus dilakukan Pemantauan intensif oleh tim dokter RSUD Rohul di Ruang Isolasi,” jelas Yusmar.

Untuk PDP 03 berasal dari Tambusai utara, memiliki Riwayat perjalanan dari Tangerang Selatan (Tangsel). Saat ini kondisinya tidak lagi mengalami demam namun masih ada gejala batuk dan belum dilakukan dilakukan pengambilan sampel pemeriksaan swab tenggorokan.

Sementara PDP 04 merupakan anak-anak dengan gejala mengalami pnemunia berat dengan riwayat perjalanan baru kembali dari Kota Pekanbaru.

“Pasien PDP 03 dan PDP 04 belum dilakukan pengambilan sampel karena masih menunggu Virus Trasport Media (VTM) untuk mengirim sampel swab tenggorokan ke Laboratorium di Jakarta," paparnya.

Masing-masing orang berstatus PDP juga sudah ditempatkan di rumah sakit untuk dilakukan proses isolasi. Dimana tiga orang pasien sudah di tempatkan di RSUD dan satu lainnya diisolasi di Awal Bros Pekanbaru.

"Sementara yang positif, Alhamdulillah sampai saat ini masih nol dan mudah-mudahan untuk seterusnya demikian," tambahnya kemudian.

Berikut penyebaran ODP di Rokan Hulu:

A. Kecamatan Rambah = 90
B. Kecamatan Rambah Samo = 108
C. Kecamatan Rambah Hilir = 53
D. Kecamatan Tambusai Utara = 198
E. Kecamatan Tambusai = 34
F. Kecamatan Kepenuhan = 60
G. Kecamatan Ujung Batu = 56
H. Kecamatan Kunto Darussalam = 60
I. Kecamatan Bonai Darusaalam = 34
J. Kecamatan Tandun = 62
K. Kecamatan Kabun = 100
L. Kecamatan Rokan IV Koto = 65
M. Kecamatan Pendalian IV Koto = 25
N. Pagaran Tapah Darussalam = 14
O. Kecamatan Kepenuhan Hulu = 25
P. Bangun Purba = 60

Jumlah Total = 1.044 orang.